Minggu, 03 Maret 2013

WAP


Pengertian WAP (Wireless Application Protocol)
WAP (Wireless Application Protocolmerupakan teknologi informasi yang masih sangat muda diperkenalkan sekitar tahun 2000. WAP yang di miliki dalam teknologi telepon seluler, memungkinkan setiap orang yang memilikinya mengakses sumber informasi yang ada di internet kapanpun dan dimanapun. Aplikasi WAP sendiri dibangun dengan bahasa markup WML (Wireless Markup Language) yang merupakan pengembangan dari XML(Extensible Marcup Language).
WAP merupakan sebuah standar komunikasi antaramobile device telepon dengan informasi yang ada di dalam internet. Komunikasi intenet lewat WAP menggunakan sebuah tahapan yang disebut sebagai WAP Gateway. Arsitektur dri WAP Gatewayterdiri dari tiga bagian yaitu Server, WAP Gateway, dan Client. Saat ponsel ingin meminta informasi yang ada di server, ia harus melewati dulu WAP Gateway begitu juga sebaliknya. Dengan begitu, alur komunikasi internet lewat WAP yang terjadi secara lengkap adalah sebagai berikut :
WAP Gateway
Client /
Handphone
Server
Meminta Informasi
Di terima Informasi
Gambar 2.1
Alur Komunikasi Internet Lewat WAP
Proses pengiriman informasi dari ponsel ke WAPGateway dan sebaliknya menggunakan jaringan komunikasi nirkabel (Wireless) yang masih memiliki keterbatasan, terutama karena kecilnya bandwith yang ada. kecilnya bandwith tersebut tidak cocok jika dipergunakan untuk memproses informasi lewat HTTP Protocol. HTTP ini berfungsi untuk mengatur pengiriman informasi dari client menuju server dan sebaliknya. Untuk mengatasi masalah ini, di ciptakan WAP Gateway.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar