Minggu, 03 Maret 2013

INTERNET



Internet
Istilah internet berasal dari kata “Interconnection Networking” yang digunakan untuk menunjukkan usaha menghubungkan komputer dari sistem yang berbeda-beda termasuk didalamnya sistem jaringan yang berbeda-beda. Jaringan komputer internet terdiri dari beberapa macam ukuran jaringan komputer diseluruh dunia mulai dari PC (Personal Computer), jaringan komputer berkala kecil, menengah hingga jaringan utama yang menjadikan tulang punggung internet.
Menurut Reddick dan King (1996:100) “Internet adalah singkatan dari International Network yaitu jaringan yang mencakup seluruh dunia sehingga memungkinkan sebuah komputer untuk terhubung dengan komputer lainnya dengan jarak satu sama lainnya beribu-ribu kilometer”.
Internet itu adalah gabungan LAN (Local Area Network),yaitu sejumlah komputer yang terhubung satu sama lainnya yang masih berada dalam satu induk. Selain terdiri dari LAN, internet juga terdiri dari sejumlah WAN (Wide Area Network), yaitu sekumpulan yang terhubung satu sama lainnya seperti LAN tetapi mempunyai cakupan area yang lebih luas dari terhubungnya antara LAN satu dengan lainnya dan terhubung dengan WAN lainnya sehingga akhirnya terbentuklah internet. Pada saat kita mengetikkan sesuatu alamat pada browser maka data akan dilewatkan oleh suatu protokol HTTP melewati port 80 pada server. Alamat ini adalah URL dari suatu situs yang mempunyai alamat yang unik di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar