E-Bisnis
Pendahuluan
E-commerce vs business
· E-commerce (elektronik commerce) merupakan mencakup kegiatan jual beli dan pertukaran informasi bisnis secara elektronik termasuk internet.
· E-bisnis
Ø Memiliki definisi yang lebih luas daripada e-commerce
Ø Mencakup segala aspek yang ada di e-commerce bagaimana cara menjalankan bisnis (proses internal didalalam e-bisnis)
E-business
Scema bisnis : penjual ==> perantara ==.> pembeli
· Induk dari e-comerce adlah e-business
· Teknologi E-commerce
Ø Elektronik Markets
Pengguna teknologi inforemasi dan komunikasi untuk melakukan / menyajikan penawaran dalam suatu sulaman pasar ole karena itu menyebabkan pembeli dapat membandingkan harga.
· EDI (Elektronik Data Linear)
Ø Penggunaan EDI menyediakan faktur pemesanan / tagihan dalam bentuk hardcopy dan menghindari adanya penundaan dan kesalahan dalam penanganan berkas-berkas hardcopy.
Ø EDI digunakan organisasi
· Internet E-commerce
Ø Penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi DSI dan komunikasi untuk kegiatan pengiklanan dan penjualan produk dan jasa.
Ø Keuntungan E-commerce
Bagi Organisasi
1. Membuat pasar nasional / internasional menjadi semakin mudah dicapai
2. Menuruni iaya proses, distribusi dan pengumpulan informasi
Bagi konsumen / pembeli
1. Akses yang sangat luas (world-wide) berharap sejumlah besar produk dan jasa sepanjang waktu.
2. Home shopping dan delivery
· Batasan E-commerce
Ø Secara luas
ü Belum adanya standarisasi keamanan transaksi
ü Kurangnya bandwith untuk koneksi
ü Mahalnya biaya akses
· Non teknis
Ø Persepsi bahwa E-commerce tidak aman
Ø Legal issue yang belum pasti (ketidak jelasan hukum)
· Tipe-tipe E-commerce
Ø Business to consumen (B2C)
Pihak penjual adalah suatu organisasi dan pihak pembeli adala pelanggan cth : leonovo.com = pembeli
Ø Business to business
Tidak ada komentar:
Posting Komentar