Rabu, 04 Januari 2012

Pengertian E-bisnis dan E-commerce

E-Bisnis

Pendahuluan
E-commerce vs business
·         E-commerce (elektronik commerce) merupakan mencakup kegiatan jual beli dan pertukaran informasi bisnis secara elektronik termasuk internet.
·         E-bisnis
Ø  Memiliki definisi yang lebih luas daripada e-commerce
Ø  Mencakup segala aspek yang ada di e-commerce bagaimana cara menjalankan bisnis (proses internal didalalam e-bisnis)

E-business



E-commerce  =>   example : (Amazon.com, ebay.com, kemana.com, kaskus.com)

Scema bisnis : penjual  ==>   perantara ==.>   pembeli

·         Induk dari e-comerce adlah e-business
·         Teknologi E-commerce
Ø  Elektronik Markets
Pengguna teknologi inforemasi dan komunikasi untuk melakukan / menyajikan penawaran dalam suatu sulaman pasar ole karena itu menyebabkan pembeli dapat membandingkan harga.
·         EDI (Elektronik Data Linear)
Ø  Penggunaan EDI menyediakan faktur pemesanan / tagihan dalam bentuk hardcopy dan menghindari adanya penundaan dan kesalahan dalam penanganan berkas-berkas hardcopy.
Ø  EDI digunakan organisasi
·         Internet E-commerce
Ø  Penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi DSI dan komunikasi untuk kegiatan pengiklanan dan penjualan produk dan jasa.
Ø  Keuntungan E-commerce
*      Bagi Organisasi
1.      Membuat pasar nasional / internasional menjadi semakin mudah dicapai
2.      Menuruni iaya proses, distribusi dan pengumpulan informasi
*      Bagi konsumen / pembeli
1.      Akses yang sangat luas (world-wide) berharap sejumlah besar produk dan jasa sepanjang waktu.
2.      Home shopping dan delivery

·         Batasan E-commerce
Ø  Secara luas
ü  Belum adanya standarisasi keamanan transaksi
ü  Kurangnya bandwith untuk koneksi
ü  Mahalnya biaya akses
·         Non teknis
Ø  Persepsi bahwa E-commerce tidak aman
Ø  Legal issue yang belum pasti (ketidak jelasan hukum)
·         Tipe-tipe E-commerce
Ø  Business to consumen (B2C)
Pihak penjual adalah suatu organisasi dan pihak pembeli adala pelanggan cth : leonovo.com = pembeli

Ø  Business to business


Tidak ada komentar:

Posting Komentar